Selasa, 03 Maret 2015

Asal Usul Batu Mulia Akik Kalimantan

Batu Mulia Kalimantan adalah salah satu batu mulia kebanggaan Indonesia, batu ini sangat dikenal dengan sebutan Akik Kalimantan. Asal usul batu ini sendiri berasal dari bumi Martapura. Martapura merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia. Martapura adalah ibukota kabupaten Banjar yang terdiri atas kecamatan Martapura, Martapura Barat dan Martapura Timur.
Kota Martapura memiliki julukan sebagai kota Intan, dan dari julukan tersebut lah yang menjadi kan para masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Banjar memiliki kebanggaan tersendiri. Namun, tidak semudah itu Kota Martapura mendapatkan julukan kota intan, sebab dalam meraih julukan tersebut sangat sulit. Pada perjalanan sejarah perkembangan kota Martapura banyak kejadian yang memprihatin kan. Pada Zaman Jepang hasil bumi yaitu batu intan memang sudah diakui, akan tetapi sayang nya hasil bumi Martapura bukanlah batu yang di jual belikan secara umum oleh penduduk lokal. Namun mereka harus menjual pada orang-orang jepang.
Seiring berjalannya waktu dan sesudah Indonesia Merdeka, kota Martapura berhasil memperkenalkan kepada dunia. Bahwa di daerah nya juga memiliki potensi Sumber Daya Alam yang sangat baik yakni dengan ada nya berbagai jenis batu mulia yang berasal dari Kota Martapura tersebut, yang terkenal dengan sebutan Batu Akik Kalimantan. Hal ini dapat dibuktikan sejak tahun 1950 an sampai dengan sekarang banyak para pedagang intan tradisional melakukan kegiatan berdagang dan transaksi di kota ini. Batu Mulia ciri khas Martapura adalah Batu Intan dan Permata.
Oleh sebab itu lah, kota Martapura ini tidak jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, karena kota tersebut merupakan pusat transaksi penjualan batu mulia terbaik, selain para wisatawan akan menemui berbagai jenis batu yang dijual beli kan, mereka juga dapat berkunjung ke tempat penggosokan Batu Mulia utama di Kalimantan, serta mereka juga bisa memilih banyak cenderamata yang berbahan dasar batu mulia.
Batu Mulia hasil bumi Martapura sangat indah dan menawan, bahkan ada banyak jenis pilihan Batu Mulia. Anda bisa datang langsung bersama keluarga Anda untuk berkunjung ke Kota Intan tersebut. Namun, jika Anda termasuk orang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk jalan-jalan ke Kota Martapura, tapi Anda ingin memiliki Batu Mulia Khas Martapura Anda bisa mendapatkannya lebih cepat dan instan, yaitu di www.batumulia123.com disini Anda akan mendapatkan pilihan banyak dari berbagai jenis Batu Mulia mulai dari Lokal hingga Manca Negara juga tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar