Senin, 02 Maret 2015

Batu Black Opal Banten

black opal bantenBatu Kalimaya telah diakui sebagai batu terindah di dunia. Pesona batu yang dikenal dengan sebutan ‘Batu Opal’ telah menempatkan batu ini sebagai jenis permata paling diburu para kolektor dan penghobi batu permata. Bahkan batu black opal Banten masuk dalam deretan batu permata termahal di dunia, selain batu merah delima atau ruby, zamrud, berlian dan lain-lain
Di Indonesia Batu Black Opal banyak di temukan di Lebak Banten. Tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja Banten. Namu batu ini juga diambil dari tempat ditemukanya dimana batu ini banyak ditambang sekitar sungai atau kali.
Letak keunikan dan keindahan pada batu Opal Banten ini kemampuannya merefleksikan beragam warna-warni dari dalam batu. Satu buah batu cincin bisa memunculkan lebih dari 5 warna beragam dan masing-masing batu yang sudah dibentuk, baik dalam bentuk batu cincin atau liontin tidak akan memiliki corak dan pantulan warna yang sama.
Berdasarkan warna dan corak yang ada pada batu Kalimaya terletak pada warna dasar yaitu warna hitam,warna susu, warna kopi, teh, kristal hijau dan lain-lain. Untuk jenis kalimaya atau opal yang paling di gemari kolektor dan penghobi yang memiliki warna hitam atau lebih dikenal dengan ‘Black Opal’ Kalimaya,
Namun terkadang masing-masing penghobi memiliki pandangan berbeda dalam menilai keindahan sebuah batu sehingga tidak selamanya jenis black opal yang menjadi pilihan mereka.
Meskipun jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara, masing-masing negara tentu memiliki ciri khas tersendiri, misalnya untuk Jenis Black opal Banten memiliki kilau warna yang lebih hidup yang lebih dikenal dengan kilau ‘kembang’ dan warnanya tidak menghilang atau luntur meskipun dalam waktu lama.
Selain kilau dan warna yang berbeda, tekstur pada batu kalimaya hitam asal banten ini juga terlihat lebih kasar dibandingkan jenis opal yang banyak ditemukan di beberapa negara. Bahkan di pasaran internasional black opal asal Banten biasanya di hargai lebih mahal dari batu black opal asal negara lain
Perbedaan itu itu tentu sudah sangat dikenal bagi kalangan kolektor dan penghobi, mengingat batu permata yang dihasilkan masing-masing negara secara umum akan memiliki perbedaan dan bisa dengan mudah dibedakan secara kasat mata terutama bagi mereka yang sudah paham tentang seluk beluk batu permata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar