Selasa, 03 Maret 2015

Kalsedon

Gemstone yang satu ini memiliki berbagai warna mulai dari merah, kuning, biru, hingga jingga, tapi yang utama ialah hijau. Batu permata ini seolah-olah diselimuti kabut, sehingga kelihatan memiliki cahaya kusam. Di Indonesia batu mulia jenis ini banyak dihasilkan di Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara. Baru-baru ini, kalsedon juga ditemukan di Pacitan, Jawa Timur.
Chalcedony Chalcedony biru
Batu permata kalsedon (Chalcedony) adalah bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk. Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik. Struktur kimia dari chalcedony adalah SiO2.
Data rinci tentang batu kalsedon bisa dilihat pada artikel: Batu Chalcedony.
4. Akik gambar
Batu ini memiliki keistimewaan karena punya wujud gambar yang terukir secara alami. Ada batu akik yang punya gambar menyerupai ayam, tokoh, atau pemandangan. Jangan heran semakin unik gambar dalam batu akik ini tentu harga jual akan ikut terdongkrak.
Batu gambar atau agate banyak ditemukan di Pacitan (Jawa Timur), Garut (Jawa Barat), dan Nusa Kambangan. Diyakini masih banyak lagi daerah penghasil batu gambar di Indonesia yang belum terkuak.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang akik gambar, silakan cek artikel: 20 Foto contoh akik krital agate: Murah tapi menawan dan juga artikel Wuuss! Batu akik bergambar Nyi Roro Kidul ini harganya Rp 5 miliar.
 5. Kalimaya (batu opal)
Batu yang juga disebut opal ini merupakan batu permata (gem) yang lembek, tapi banyak disukai orang. Harganya tergolong mahal. Opal bisa memancarkan cahaya berlian. Opal ditambang di India, Mesir, Australia, Meksiko. Khusus di Indonesia ada di Banten. Tidak berlebihan jika kalimaya dianggap sebagai batu terindah di dunia.
Untuk penjelasan lebih lengkap tentang  batu opal kalimaya, silakan cek artikel Batu Opal (Kalimaya).
Semoga bermanfaat.
Artikel-artikel pilihan kategori Batu Permata:

5 Comments on 5 Batu permata terpopuler: Bacan, idokras, kalsedon, akik gambar dan kalimaya

  1. Memang sangat di buru akhir-akhir ini bebatuan yang lumayan mahal… kalau boleh tau nyampek berapa ya gan kisaran harganya?
    Suka
  2. yang paling saya suka kalimaya om batunya keren dan sakti
    Suka
  3. Wah informasinya lengkap bingit, sayangnya tidak disebutkan harga untuk setiap batu akik yang disebutkan. Saya penasaran dengan harga untuk setiap batu akik tersebut, minimal kisarannya.
    Suka
  4. semoga kekayaan indonesia tdk dslah gunakan oleh pihak yg tdk bertanggung jawab n smg batu mulia yg ada d tanah air kita dpt memberikan penghidupan yg lebih baik
    Suka
  5. izin share infonya ya pak
    Suka

KOMENTAR SPAM DAN KOMENTAR YANG BERSIFAT MENYERANG PIHAK LAIN DAN/ATAU SARA, LANGSUNG KAMI HAPUS. TERIMA KASIH.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.
Bergabunglah dengan 384.596 pengikut lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar